an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

I Am Your Copycat

Yep!

Copycat…sering kita dengar sebagai istilah yang berkonotasi kurang baik. Ditujukan untuk orang yang meniru, menyadap, lebih ekstrim lagi menjiplak plek, bersikap, bertingkah laku, bahkan tak segan kadang bergaya serupa dengan kiblatnya (definisi karepe dhewe; yang mungkin juga sebagian dari njiplak).

Copycat, lebih diperuntukkan untuk mereka yang meniru dan berperilaku persis sama dengan “idola”nya yang bukan public figure, contoh teman kantor, sobat dekat, tetangga kamar kost sebelah. Dan perilaku ini cenderung menyebalkan bagi si empunya gaya orisinal, karena merasa ditiru dan seseorang mencoba menjadi seperti dirinya. Tiru meniru ini sebenarnya bagiku sah-sah saja sepanjang berdampak positif dan hal yang ditiru juga hal baik. Sementara toh tak ada orang 100% orisinal, semua pasti pernah terilhami, terinspirasi oleh orang dan hal-hal di luar dirinya. Yang penting jangan sampai meninggalkan ciri diri sendiri dan jangan mencoba menjadi orang lain sepenuhnya. Ambil esensinya, nilai baiknya, bila perlu mampu menjadi lebih baik dari sang inspirator, kenapa tidak?!

Hey, you are born to be unique! Authentic! No one could be you, neither they are!

Sayangnya, copycat lebih menjiplak secara fisik, cara berpenampilan, bertingkah laku yang intinya seseorang berubah menjadi seperti orang lain. Termasuk dalam berselera musik, memilih bahan bacaan, berhobi sama, cara bergaul, menggunakan merek yang sama dengan obyek obsesinya.

Lho…kenapa dengan obsesi?

Dari sekian banyak referensi copycat yang pernah aku baca, kesimpulan pribadiku, copycat muncul bisa karena obsesi terhadap seseorang sehingga mereka secara sadar ataupun tidak selalu melihat dan mengikuti apa yang dilakukan oleh obyek obsesinya itu. Melupakan dan meninggalkan dirinya yang sebenarnya umtuk menjadi seperti orang lain. Berusaha menjadi sama dengan obsesinya untuk banyak tujuan, semisal mengejar popularitas, diterima di suatu komunitas pergaulan, dilirik gebetan yang naksirnya sama tetangga sebelah dengan gayanya cool abis meski cuma pake kaos dan jeans belel, hahaa…dan kita mati-matian mencoba pake jeans belel meski hal itu nggak kita banget.

Copycat ini ada yang rela sampe bersakit-sakit, bersusah-susah, berubah total demi menjadi sama dengan objek obsesinya. Hati-hati kalau sudah begini, copycat akut sudah masuk ke ranah kejiwaan perlu segera disadarkan.

Sayangnya, mungkin jarang ada copycat yang sadar dan mau ngaku, hehee…

Nah, bagaimana dengan ini…

image

Hahaa…TNF longsleeve flight series, hitech trekking shoes, TNF pants, Oom Jack Wolfskin, many more, ah…pinang dibelah dua wannabe…

Yes, I Am Your Copycat, I Am Your (ex) Secret Admirer…

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 21, 2013 by in Analogi Kau & Aku and tagged .
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Analogi Kliks

  • 33,156 Analogiers
%d bloggers like this: