an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

Ketika Orang-Orang SIM-nya NEMBAK

image
Sore tadi agaknya aku kurang beruntung saat pulang kantor tepat waktu. Arah menuju rumah hampir aku tempuh dalam waktu 90 menit, artinya hampir 3 kali waktu tempuh normal.

Rupanya di ujung jalan sana ada kecelakaan yang menyebabkan sebuah truk pengangkut batako nangkring parkir di pinggir jalan menunggu evakuasi dan itu dekat pertigaan yang selalu padat lalu lintasnya. Alhasil kendaraan yang berlawanan arah denganku terhambat dan hanya bisa melintas saat tumpukan kendaraan dari arah depan memberi celah.

Dan, hal itu tentunya mustahil untuk berlangsung tertib dan semua tak ada yang mengalah karena sepertinya merasa memiliki kepentingan yang lebih penting. Terlebih aksi para pengendara motor yang lebih koplak. Ngeloyor mengambil jalur kanan dan sudah pasti makin bikin mampet jalur di depan saat kendaraan sisi kanan tak bisa melintas.

Hadeh, bagiku disiplin berkendara dan di jalan adalah cermin pribadi yang berbudaya dan bertanggungjawab. Masih banyak curhatan tentang perilaku orang-orang di jalan dan kalau diingat aku makin jadi senewen. Kadang saat dari arah berlawanan ada motor yang coba mengambil bagian jalur kiri saat laju kurang lancar, aku akan sengaja mepet ambil jalurku, meski itu berbahaya jika sampai aku bersenggolan, hehee…tapi hasrat memberi pelajaran terlalu tinggi.

Belum lagi ketika orang-orang KORUPSI di jalan raya. Ya, KORUPSI. Mungkin sebagian dari kita tidak sadar telah melakukan tindakan korupsi. Berhenti melebihi garis marka jalan, melaju saat lampu lalin masih belum hijau, contohnya. Kita sudah korup mengambil jatah ruang lainnya di jalan raya.

Ya, setiap orang punya kepentingan, yang katanya selalu URGENT, setiap orang punya hak, dan setiap orang punya tanggungjawab.

Jika memang penting bin urgent bin darurat, ya persiapkanlah lebih awal. Setiap hal memiliki resiko dan kemungkinan kejadian di luar dugaan. Jam kantor jam 8, waktu tempuh normal 30 menit, sampai kantor mesti siapin station kerja, ya logis saja berangkatlah lebih awal biar tidak buru-buru (berasa kasi nasehat ke anak SD).

Ingat setiap orang punya hak untuk dihormati dalam menggunakan jalan raya. Setiap orang memiliki hak terjamin keselamatannya dalam berkendara. Buat ABG 4LaY, stop itu bbm line wasap ceting di jalan. Jika tak peduli dengan keselamatan diri sendiri, pikirkan orang lain berhak selamat dalam berkendara. Maaf saja kalau para 4LaY lewat di dekatku sambil pegang hape, aku ceramahi sampai batre power bank kalian habis.

Terakhir, kewajiban tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas adalah tanggung jawab kita bersama. Paham dan mentaati rambu-rambu adalah cermin perilaku berbudaya. Toleransi kepada sesama pengguna jalan adalah wujud kematangan pribadi. Hal ini pastinya akan membawa kelancaran dan keselamatan pada semua pengguna jalan.

Bertanggungjawablah pada SIM yang dimiliki. Kecuali kalau SIM-nya pada NEMBAK kali yaaaa…

2 comments on “Ketika Orang-Orang SIM-nya NEMBAK

  1. Henri
    September 7, 2013

    Hahaha itu lah indahnya indonesia,,,,, mash perlu banyak yang di benahi….. Mulai dari yang tingkat kopral hingga jendral yang berbintang lima..

    Kita cmn bisa mengingatkan dan merubah hidup kita sendiri…… semoga nantinya kita bisa merubah nya… #positifthinhkingmeskipunsedikitpesimis

    • inten_arsriani
      September 7, 2013

      Yup…sekecil apapun perbuatan yang baik dan tepat itu sangat bermanfaat, syukur sudah bisa paham semua harus dimulai dari diri sendiri. Semoga lambat laun bisa mengajak yang lain berbuat benar sejak dini

      *hidupindonesia

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 5, 2013 by in Warna-Warni Analogi.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Analogi Kliks

  • 33,156 Analogiers
%d bloggers like this: