an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

Nyoman Sura, Sang Maestro

Beberapa waktu yang lalu terpikirkan untuk membuat pojok khusus ini yang isinya orang-orang dekat maupun mereka yang menginspirasi. Namun tertunda dan memang belum kesampean terus.

Tak mengira kalau mesti diawali dengan sebuah catatan tentang berita duka.

Nyoman Sura, pernah sekali aku ceritakan dalam halamanku di sini bagaimana aku begitu bersemangat mengetahui dan mengalami sosoknya menjadi mentor tariku. Rasanya tak percaya akan dilatih dan dididik oleh seorang penari sekelas Nyoman Sura. Browsing setiap berita tentangnya aku lakukan untuk sekedar memenuhi keingintahuan tentang karya-karyanya dan tak sabar menunggu setiap waktu latihan.

Namanya sering aku dengar berhubung keluargaku juga banyak yang merupakan rekan sejawat Nyoman Sura sebagai seniman, ataupun sekilas beberapa kali aku tahu berita tentang penampilannya meski wajahnya tak sefamiliar aku mengenal namanya ketika itu, hahaaa…

image

Rupanya BNI memberiku kesempatan untuk bertemu, kenal dan menjadi salah satu yang membawakan karyanya, Kidung Putih. Ketika itu tahun 2011 pertama kali kami bekerjasama. Dan jauh dari bayanganku tentang sosok Sura yang memiliki nama besar.

Nyoman Sura yang aku temui begitu rendah hati.

Ini kesan pertamaku. Nyoman Sura tak segan ngobrol dengan akrabnya bersama kami para penarinya, tak menjaga jarak, selayaknya kami sejawatnya, dan segala perilakunya membuat kami nyaman ketika menari bahkan terkadang tak segan berulah konyol.

image

Kecuali ketika melatih, Nyoman Sura menjadi sangat perfectionist, hahaa…memang begitulah seharusnya seorang maestro. Terlebih dalam mempersiapkan pertunjukan, Nyoman Sura sangat memperhatikan detail, all out, sarat filosofi dan makna dalam mencetuskan karya yang akan selalu diceritakannya di awal latihan, memberikan story board yang akan kami tampilkan.

Ah, Nyoman Sura yang kemarin siang memberikan berita mengejutkan. Selamat jalan, Bli Sura sudah berhasil meninggalkan nama yang akan selalu dikenang banyak pihak sebagai seorang maestro tari di Bali bahkan belahan dunia lainnya, kekhasan aliran “Sura” tak pernah digantikan oleh lainnya. Terima kasih pernah merasakan tangan dinginmu dan hampir selalu membawa kami sebagai penampil terbaik dalam ajang perlombaan kreasi seni di BNI.

image

Kidung Putih, adalah karya terbaik Nyoman Sura yang menjadi favoritku untuk aku bawakan dari sekian yang pernah diajarkannya. Menceritakan tentang penciptaan alam semesta, yang begitu berkesan buatku, sarat arti akan rasa syukur pada semesta alam untuk menggambarkan Tuhan Sang Mahacinta dengan penuh kebesaran sekaligus kasih sayang dalam menciptakan kehidupan di bumi.

image

You are not just a coach, you will always be the best mentor I ever have… Rest In Peace, keep dancing for Siwa and universe…

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 10, 2013 by in Analogi Sosok.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

August 2013
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Analogi Kliks

  • 33,170 Analogiers
%d bloggers like this: