an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

(life) Strategic Management

Mari percaya saja bahwa mata kuliah hari ini tepat banget untuk aku yang sedang menentukan arah (hidup), halah…serius amat :p

“this way…that way…”

Ketika dalam mencapai tujuan dari sebuah mimpi, diperlukan sebuah Visi yang jelas dan jauh ke depan. Diikuti dengan menjalankan Misi untuk mencapainya sehingga pada akhirnya kita akan menikmati menjalankan Nilai seperti apa yang kita harapkan.

Ternyata, tak cuma dalam urusan bisnis saja memerlukan ilmu strategic management, dalam keseharian dan hidup kita pastinya hal ini juga merupakan  hal yang mesti diimplementasikan.

So, setiap orang sebenarnya sudah melaksanakan langkah-langkah ilmu ini secara alamiah, namun tak banyak juga yang harus lebih mengerti jika ingin (setidaknya) segala harapan dan cita-cita dapat dicapai dan hidup menjadi lebih bermakna. Tak hanya wait and see, namun let’s see and do… (kata Profesorku hari ini) .

Framework Strategic Management

– adanya visi, when sees the future before it arrives, dan misi yang merupakan langkah nyata untuk mencapai target sejauh mana kacamata kita mampu meneropong visi kita.

– kedua, analisis lingkungan dengan metode SWOT, tentunya Strenghts dan Weakness harus kita pahami sebagai faktor internal yang harus disadari. Sedangkan Opportunities dan Threads merupakan hal yang harus diantisipasi lebih awal seper-sekian detik sebagai faktor eksternal agar kita tepat melakukan analisa lingkungan untuk menghasilkan suatu formulasi strategi. Idealnya, analisis dan antisipasi faktor internal dan eksternal dilakukan secara bersamaan.

– Strategi, adalah formula untuk determining the roadmap to the future.

Nah, dengan mengerti dan melangkah dalam kerangka yang telah ditentukan tersebut, diharapkan kebersinambungan perjalanan akan menjadi lebih mudah dan kita sebagai pencetus langkah yang visioner secara nyata.

Selanjutnya, dalam proses menjalankan Strategic Management ada 4 hal yang saling terkait dan belangsung secara kontinyu guna memastikan kita benar tetap berada dalam path menuju visi yang telah ditetapkan.

Strategic Planning —- Implementation Planning —- Execution —- Performance Evaluation,

yang akan terus berjalan sebagai kontrol dan koridor mencapai visi dan menentukan apakah misi serta nilai kita masih dapat bersinergi guna pencapaian mimpi kita di depan.

Kalo begitu, mari tentukan visi dan misi, membentuk nilai diri. Lanjutkan dengan analisa lingkungan (biar nda salah susun formulasi, harus realistis dalam menganalisa SWOT), akhir bagian mari formulasikan strategi langkah ke depan…dan, EKSEKUSI!

Semoga mestakung, setiap hal memiliki konsekuensi, semua membawa resiko, dengan perencanaan dan mengatur strategi dengan tepat semoga perjuangan langkah menjadi efektif.

Semoga berhasil, Kawan…

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 2, 2012 by in Analogi Aku Yang Lain, BNI 46.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

August 2012
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Analogi Kliks

  • 33,170 Analogiers
%d bloggers like this: