an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

Earth Hour

Beberapa saat yang lalu saya dihubungi seorang teman yang memang biasa menjadi oposisi dan kritikus bagi bank saya, menanyakan “BNI ada program buat Earth Hour nda?”, haha… Apalagi jika sudah berhubungan dengan kebijakan-kebijakan yang menyangkut lingkungan serta kebijakan populis yang mungkin baginya pasti berkenaan erat dengan pencitraan dan sekedar follower untuk aksi-aksi tertentu. Ya, terima kasih mas Priyo Akuntomo, yang selalu #sebenarnya# peduli dengan BNI, wekekee…meski diantara sekian komentarnya yang biasanya mengkritisi salah satu tindak tanduk bank BUMN ini, tapi pernah juga memuji beberapa gebrakan BNI dalam mendukung gerakan hijau di Indonesia, seperti pelopor penyediaan parkir sepeda, Earth Hour, dan lainnya.

Hari ini, seperti beberapa tahun belakangan, di hari Sabtu minggu terakhir setiap bulan Maret, dunia akan menyelenggarakan kampanye “Earth Hour” selama 60 menit. WWF sebagai penggerak utama dan didukung begitu banyak kalangan tak hanya pemerintahan, komunitas, industri, personal, siapa saja yang memiliki kepedulian, atau mungkin sekedar turut serta mengikuti himbauan, bahkan mungkin untuk meningkatkan pencitraan, hahahaa… #memang deh komentarmu maaaasssss#. Tak mengapa, lebih baik sedikit peduli daripada tidak bertindak sama sekali. Urusan kepentingan lainnya yang mungkin mengikuti aksi ini kita kesampingkan saja, semua hal berkorelasi, yang satu ada karena adanya hal lain, semua terkait dan tidak bisa dipisahkan. Intinya, hari ini kita berpartisipasi sejauh yang kita mampu dalam gerakan Earth Hour tahun ini.

Ya, selama 1 jam hari ini pada pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat di seluruh dunia akan dilakukan gerakan tanpa listrik. Meski tidak seekstrim Nyepi di Bali, setidaknya bila 1 jam ini dapat dilakukan secara optimal, maka akan efektif mengurangi penggunaan energi listrik di bumi. Peran pemerintah juga sangat penting, namun sejauh ini sepertinya program “Jam untuk Bumi” belum menjadi perhatian pemerintah kita, apalagi di tengah maraknya demonstrasi mengkritisi kebjiakan pemerintah menaikkan BBM, gerakan ini tidak merata tersebar di masyarakat. Sepertinya mahasiswa pun lupa kalau hari ini mereka harusnya ikutan kampanye Earth Hour aja untuk sosialisasi #atau isunya kurang krusial dan nda penting kali yak#.

Padahal, energi listrik juga satu energi yang penting dalam kehidupan manusia, meski memang belum sebesar subsidi BBM dalam kehidupan kerumitan hidup manusia, dimana kegalauan harga BBM akan membuat seluruh sistem di negara ini berubah, jadi wajar-wajar saja sepertinya tidak semua pihak peduli dengan gerakan ini. Efek kegalauan harga BBM ini harga tak cuma naik beberapa persen, tapi bahkan hingga kelangkaan tak cuma BBM namun seluruh barang kebutuhan pokok yang tiba-tiba hilang dan sulit dipasaran, ini alasan mengapa kepedulian tercurah pada isu BBM saat ini. It’s okey, semua memiliki porsi dan prioritas masing-masing, yang tak ikut demo BBM, mari kampanye Earth Hour saja, Kawan.

Hmm…mulai dengan mari bayangkan bumi tanpa listrik (PR tanya pakde gugel untuk segala hal yang berhubungan dengan energi listrik dan segala efek sampingnya bagi kehidupan manusia).

Safe the energy, safe the earth…selamat melaksanakan Earth Hour

 

(foto : searching di inet_lupa sumbernya_tanya pakde gugel aja)

2 comments on “Earth Hour

  1. prias
    March 31, 2012

    klo di sintang,tiap hari PLN matikan listrik 2 jam shari.
    Apkh untk menghemat bbm ato stok bbm nya kurang?hehehe who knows? :p
    #petengdedet

    • inten_arsriani
      March 31, 2012

      hahaa itu makanya yang dibahas di sini listrik vs bbm, sama-sama ada kepentingan dan peran sertanya bli, kikiki…yang penting milu berpartisisapi kalo hal itu baik, nda ada ruginya kan ^_^

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 31, 2012 by in Warna-Warni Analogi and tagged .
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

March 2012
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Analogi Kliks

  • 33,170 Analogiers
%d bloggers like this: