an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

kesimpulan di jumat pagi

dunia maya, komunikasi modern, memang membuat seseorang bebas menumpahkan apa saja dalam benaknya, mengungkapkan segala isi hatinya bahkan mengosongkan semua isi kepalanya dalam ketukan jari di tuts untuk dibagi ke semua orang, bahkan bagi seluruh dunia. jaman secanggih sekarang dan terasa tanpa batas, membuat seseorang juga bebas berekspresi dan menjadi diri sendiri tanpa perlu menutupi apa yang ingin mereka tampilkan sebagagai identitas, tidak keluar jalur idealismenya, dan memenangkan perasaan puas telah melakukan apa yang seharusnya menurut mereka mesti dilakukan untuk menunjukkan eksistensi dan kepuasan diri.

ah, tapi masa iya hal itu juga di bawa kalau konteksnya sudah berkonsekuensi dengan sebuah institusi dan menjalaninya hampir dalam hitungan tahun? okey, mungkin bagi yang baru kemarin sore bergabung, menemukan dunia yang sama sekali berbeda dengan situasi pada saat baru saja keluar gerbang kampus dan masih merasakan euforia menyandang toga dan keriaan berhasil memajang tambahan beberapa huruf di belakang nama, tidak semua orang langsung bisa beradaptasi. atau, mungkin tidak mampu sama sekali beradaptasi.

sehingga, segala regulasi yang telah ditetapkan, bahkan hitam di atas putih, selalu saja berusaha ditabrak. dan, parahnya, dengan kemampuan teknologi seperti ini perilaku itu dilakukan dengan spontan, beberapa saat ketika kata hati tak sesuai dengan regulasi; dan parahnya ini regulasi yang umum dan menjadi budaya perusahaan mereka berada sebelum mereka hadir di sana; segala keluh kesah dan ketidak setujuan terlontar, lewat status, komentar, dan tak segan kadang bisa jadi berlarut-larut beberapa kali masih membicarakan hal yang sama.

sayangnya, hal itu tak dibarengi dengan pemikiran yang matang dan lepas kontrol, sehingga hal yang tak sepatutnya dilontarkan untuk khalayak banyak; apalagi pihak yang dikomentari menerima update tersebut secara langsung; ya maaf, bos ternyata gabung satu grup, friends, atau anda followernya.

hmm…mungkin saya juga pernah melalui masa-masa ini, namun setidaknya memiliki dasar pemikiran yang kuat dan berani bertanggung jawab jika seandainya dimintakan keterangan. memang siapapun berhak memiliki sudut pandang, komentar dan ketidaksetujuan, yang terpenting wajib hukumnya mampu menunjukkan anda telah berkompeten untuk berhak menyampaiakan hal itu.

hahaa…ada-ada saja, mungkin sepele, tapi masa iya masa kerja anda selanjutnya menjadi taruhannya karena pertimbangan perilaku di atas, dengan maksud hanya berbagi keluh kesah ke teman-teman, kadang untuk terlihat sedikit keren bisa menghujan institusi; kadang atasan; meski secara tidak langsung, kita lupa beretika, dan siap-siap besok pagi segera mendapat surat peringatan, ah..jangan sampailah, kawan-kawan.

mari, bijaksanalah memandang sekitar, konsekuensi, kewajiban, tanggung jawab dan ingat-ingat tujuan kita menjalani semua pilihan. bersyukur telah diberi kesempatan berkarya, tunjukkan kemampuan, istilahnya jadi “orang” dululah, barulah kita memiliki kekuatan untuk “didengarkan”, ibaratnya demikian.

belum-belum cuma bisa komentar miring, kerja masih nda lebih baik dari rekan sebelah, prestasi belum dicetak, padahal baru saja perusahaan memutuskan apresiasi untuk seluruh karyawan, eeehh…kok ada ya yang masih kurang puas…manusiawi kah?

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 17, 2012 by in Analogi Aku Yang Lain, BNI 46, Warna-Warni Analogi.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

February 2012
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Analogi Kliks

  • 33,121 Analogiers
%d bloggers like this: