an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

practice makes perfect

Tak mengira, ternyata saat aku bertugas sebagai customer service, aku malah bisa mengikuti tahap demi tahap seleksi “exceeding customer expectation” competition hingga tiba di tahap 4 besar, meski baru di tingkat cabang. Sementara dulu dengan jam terbang yang lebih lama bertugas di teller dan proses seleksi berupa tes tulis yang terbilang dengan mudah aku lewati, rupanya roleplay saat bertugas di teller tak bisa aku lalui dengan baik, aku pasti gugur di tahap 10 besar roleplay. Wahhh…posisi 4 besar (meski nda tau urutan berapa), sudah cukup membuat aku merasa berbangga hati. Bisa ikut dalam urutan 4 terbaik, menerima pengarahan dari yang sudah berpengalaman, dibagikan pengetahuan-pengetahuan bagaimana sikap dan perilaku dalam melayani yang baik, banyak menambah bekalku bertugas esok hari.

Meskipun aku tak terlalu berharap banyak dari hasil tes 4 besar hari ini, bisa berkompetisi bersama 3 seniorku lainnya, masih menyisakan perasaan senang dalam diri. Semakin banyak ilmu yang aku dapat dari para juri, pengamat dan orang-orang dari divisi layanan kantor wilayah. Walaupun dalam kenyataannya roleplay hari ini aku banyak melakukan kesalahan-kesalahan kecil lebih diakibatkan oleh konsentrasi pikiran pada kompetisi, bukan pada bagaimana aku seharusnya bersikap dalam bertugas sehari-hari yang menjadi pokok penilaian roleplay hari ini.

Tak mengapa. Pelajaran yang aku petik hari ini adalah “ala bisa karena biasa”. Dan pepatah yang mengatakan “practice makes perfect” is trully it is. Semakin kita terlatih melakukan sesuatu, terbiasa melakukan sesuatu hal, semakin sering melakoni hal itu, dengan sendirinya tugas-tugas itu akan menjadi kebiasaan dan melekat pada perilaku kita, bahkan memperkuat karakter kita untuk dapat semakin baik dalam memberikan layanan pada nasabah. Dalam hal ini bagaimana teknik dan seni melayani nasabah yang sesuai dengan harapan, bahkan hingga mampu melebihi harapan nasabah. Tak cukup hanya dibicarakan, dibahas, disosialisasikan tanpa dilatih dan dipraktekkan.

Yup…siapapun yang akan lulus menjadi yang terbaik, mewakili cabang Renon ke tingkat wilayah Bali-NTB-NTT, pastilah sudah yang paling pantas dan siap menjadi wakil kami. Apalagi tahun yang lalu, dalam kompetisi ini semua gelar pulang ke  BNI Renon. Jadi tak akan meragukan lagi pilihan para juri nantinya, karena akan menjadi tanggungjawab mental dan fisik yang cukup berat untuk diemban, jadi pastilah dia merupakan yang terbaik yang dianggap mampu mengemban tugas itu. Selamat untuk semua teman-teman…

Aku masih junior, masih banyak waktu untuk mengejar cita-cita, tak begitu banyak bekal untuk bisa melaju sekarang ini, mungkin tahun depan adalah giliranku, dengan metode practice makes perfect, semoga aku pernah suatu saat menjadi wakil dari BNI Renon di sebuah kompetisi bergengsi berikutnya.

Great day, lotsa experience and lessons today, thanks to you all…🙂

silakan berbagi sudut pandang

Information

This entry was posted on August 16, 2011 by in Analogi Plesiran.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

August 2011
M T W T F S S
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Analogi Kliks

  • 33,170 Analogiers
