an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

menyimak tulisan

Mengunjungi sudut pertokoan dengan segudang koleksi buku dan beragam bacaan pastinya akan membuatku lupa waktu. Lupa kalo lagi program pengiritan. Dan tak jarang lupa makan sampai tiba saatnya announcer toko buku G itu mengumumkan bahwa toko akan tutup, berbarengan dengan kepalaku yang terasa pening karena perutku yang berontak. Alhasil, perut kembung menyerang dan masuk angin tak bisa dielakkan. Semua tak sebanding dengan kenikmatan dan kegembiraan karena bisa membawa pulang lima novel sekaligus malam ini. Hahahaa…dasar, lapar mata atau memang kesenengan membaca nih yaa…

Manjali dan Cakrabirawa, karangan Ayu Utami aku temukan di sudut Sastra Indonesia bersama sebuah kumpulan cerpen LGBT (blum nemu panjanganna apa ya?!), intinya cerpen tentang “cinta yang terkadang mentransedensi batasan konvensional”, mengutip resensi oleh Dee atas buku terbitan KPG yang berjudul Un Soir du Paris. Sedangkan Manjali dan Cakrabirawa, aku bawa pulang malam ini atas referensi Mas Priyo Akuntomo, yang dulunya meminjamkan aku seri pertama dari buku ini yang berjudul Bilangan Fu. Rupanya buku Roman Misteri ini masih dilanjutkan kisahnya oleh sang empunya karya, Ayu Utami yang terkenal sangat lugas menuliskan segala ide cerita yang menggambarkan kehidupan disekitar kita dengan kata-kata yang cerdas dan membuat kecanduan.

Tiga buku lainnya adalah buku terbitan penerbit favoritku dua tahun terakhir ini, Gagas Media. Berawal dari sampul buku yang menarik mataku, sederhana, unik, dan sesuai seleraku (relatif banget ya alasannya, hehehee…). Gagas Media berani bersaing dengan penerbit sekelas KPG dan cukup memiliki banyak peminat. Untuk aku pribadi yang jatuh cinta pada novel-novel terbitan GM hanya karena pandangan pertama pada sampul depannya saja, masih memiliki alasan lain kenapa aku menyukai novel-novel terbitan GM. Adalah pencitraan terhadap tokoh-tokoh yang diusung dalam novel kebanyakan GM merupakan tokoh-tokoh yang menurutku nyata dan sangat banyak ada di kehiduan sekitar kita. Penjabaran cerita yang sederhana, jujur, ringan, apa adanya namun bagiku sangat mengena di hati, membuat aku memilih membaca novel-novel GM belakangan ini. Meski tidak semua novel GM ada dalam koleksi di rak bukuku, bisa aku katakan setiap kunjunganku ke toko buku pasti membawa pulang setidaknya satu buku terbitan terbaru GM.

Yup…membaca seperti sudah menjadi bagian tak terpisah dari akeseharianku, meski hanya sekedar membaca artikel sambil lalu, kesenangan ini telah memberiku banyak manfaat dan tambahan kepercayaan diri karena informasi yang aku terima dari membaca amatlah banyak. Baiklah, waktunya menekuni lima buah novel yang telah tergeletak memenuhi tempat tidurku, siap aku ajak menemani malam ini menikmati libur kerja esok hari.

Selamat menjelajah alam cerita dari tulisan-tulisan yang mengalir di dalamnya…mari menyimak tulisan…

http://www.gramediashop.com/book/detail/9789799102607/Manjali-dan-Cakrabirawa-

http://www.goodreads.com/book/show/8567054-manjali-dan-cakrabirawa

2 comments on “menyimak tulisan

  1. robiah
    October 28, 2011

    apa yang di maksud menyimak secara tulisan itu ka’

    • inten_arsriani
      October 28, 2011

      allow… maksud dari judul tulisan ini sederhana saja, bagaimana kita menyimak sesuatu yang disampaikan dengan tulisan, dengan membaca dan memahaminya kita bisa menyimak hal yang ingin disampaikan oleh penulis, begitu kira-kira🙂

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 2, 2011 by in Analogi Plesiran.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

June 2011
M T W T F S S
« May   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Analogi Kliks

  • 33,121 Analogiers
%d bloggers like this: