an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

hhh…payahnya sebagian pemuda negeri ini

“‎…puas mengatai seorang pemuda ganteng dan pacarnya yang cantik mengendarai mobil bagus X-Trail DK 451 –, saat ketangkep mataku membuang bekas teh kotak begitu saja di jalan! Hello…bawaan bole mobil mewah, mental kalah sama anak TK yang bisa buang sampah pada tempatnya!! Bakal jadi orang tua macam apa pemuda dan pemudi seperti itu!!”

Itulah status yang aku tulis di akun facebookku hari ini, saat pulang kantor pada saat jam melewati saat makan malam. Melintas menuju arah pulang di jalan Merdeka, tepat di belakang sebuah mobil X-Trail yang selesai makan di sebuah restoran di seputaran Renon ini. Karena laju jalur yang tidak begitu cepat, aku terus mengikuti mengingat aku akan berbelok arah untuk pulang.

Tak disangka tak dinyana, tepat ketika perseneling mobil meningkat ke posisi tiga, tiba-tiba dari kanan jendela depan pak supir nih, glodak…meluncurlah si kemasan bekas kotak teh kotak yang sudah habis direguk isinya entah oleh si supir tampan atau entah si calon nyonya cantik yang duduk di sebelahnya.

Bhuakakakaa…aku gak bisa nahan untuk ketawa sekaligus miris, tanpa pikir panjang, aku sedikit menyalip untuk mendekati sang supir yang puji Tuhan ternyata masih membuka kaca jendelanya. Kebetulan nih, pikirku dalam hati penuh senyum kemenangan di wajah😉

“haii..buang sampah kok sembarangan…” dengan ekspresi jailku serta memandang sang nyonya yang sibuk mengenakan cardigan mahalnya di sebelah si supir, yang tetep aja nggak ngeh udah berbuat apa sama sang supir tadi.

Sepertinya mereka tak menyangka ada yang mengatai demikian, seketika si supir membunyikan klakson terus menerus dan peduli amat…aku melenggang di depannya saat tepat di depan jalan menikung menuju rumah dia masih tetap membunyikan klaksonku. Coba…kalo lo ga terima lo bisa kejar gue, ternyata mereka nggak mengikuti aku, artinya mereka mengakui pernyataanku barusan pada mereka.

Hahahaa…aduuuhhh…mau jadi orang tua macam apa kalian, biasa dengan perlakuan kasih sayang berlimpah dari orang tua kalian yang mungkin tak sempat mengajarkan kalian peduli sekitar, mencoba menumbuhkan mental menjadi manusia yang cinta lingkungan, disamping buang sampah itu kan udah dati TK kale diajarin, dasar….geregetan betul deeeehhhh!!!!

Kawan, sekecil apapun perbuatan kita usahakan untuk selalu menempatkan tindakan untuk peduli pada sekitar. Bukankah kita di Bali khususnya orang Hindu -bahkan sekarang dunia global pun mengenal konsep ini- Tri Hita Karana. Bagaimana kita berharmoni dengan alam, berharmoni dengan sesama, dan berharmoni dengan Sang Pencipta untuk mewujudkan kehidupan di dunia yang harmonis.

Untuk membuang sampah saja kalian tidak peduli, pada slogan yang setiap saat, setiap kesempatan, setiap sudut menyuarakan “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”, ternyata tak merasuk dalam diri kalian. Bagaimana mau berpartisipasi dalam yang namanya mencegah dan mengurangi efek global warming?!

Haiiihhh…masih saja antara ingin tertawa dan sedih melihat kejadian tadi… Semoga mereka berdua -si sopir dan si mbak- mengambil hikmah dari kalimat singkatku tadi…kesiannya kau bumi, alam semesta, lingkungan hidup…ternyata masih juga ada yang tak menghargai dan berterima kasih padamu atas setersediaan dirimu menampung hidup kami di permukaanmu…

Maafkan, kami ya bumi…ya sekitar…

-save the earth, save the water, save the air-

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 12, 2011 by in Analogi Aku Yang Lain, Other Side, Warna-Warni Analogi.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

April 2011
M T W T F S S
« Mar   May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Analogi Kliks

  • 33,121 Analogiers
%d bloggers like this: