an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

r.a.p.o.r.t

Seperti halnya anak sekolahan, dalam pekerjaan dan keseharian kitapun memiliki raport alias penilaian atas kinerja kita. Di kantor, baru saja dibagikan raport tahunan review kinerja, yang mana juga menentukan besarnya “apresiasi” yang kita terima baik materi materiil maupun penghargaan dan nama. Kali ini aku tak menghasilkan angka sebaik tahun yang lalu saat aku memperoleh penilaian dengan nilai tertinggi di kantor, tak membuatku berpikiran macam-macam. Nilai 378 dengan yudisium BAIK, sangat aku syukuri, karena memang mungkin kinerjaku tak sebaik yang lalu. Hal ini memacuku untuk bekerja lebih baik, memenuhi segala target pekerjaan sesuai ketentuan, melaksanakan semua kebijakan yang memang sewajarnya dilakukan seoran pegawai institusi, mengikuti segala kegiatan yang diperlukan untuk memacu semangat dan kinerjaku di tahun ini.

Aku pribadi tak pernah merasa seseorang itu pantas atau tidak menyandang nilai yang diraihnya, karena semua berpulang pada performa kita dan keputusan akhir pun ada pada manajemen. Ketika orang bertanya, “dengan segala kemampuan yang kamu tunjukkan, dengan semua aktivitas yang kamu ikuti dan lakukan, kamu tetep aja dapet B, apa kamu ngga merasa kecewa?”. Ya aku memaklumi terkadang ada pertanyaan demikian, belum lagi saat si Bos memanggil ke ruangannya dan mengajak bicara membahas hal ini lagi. Yah…akhirnya aku panjang lebar menjabarkan segala visi dan misi bekerjaku. Mengapa aku tidak merasa kecewa dengan hasil kinerjaku kali ini, kenapa aku terlihat baik-baik saja tak seperti beberapa yang lain yang menaruh banyak pertanyaan dan kecurigaan atas yang ia peroleh maupun orang lain raih.

Dalam hati aku selalu menanamkan prinsip bahwa aku bekerja untuk institusi dan diriku sendiri. Aku mengikuti semua kegiatan, mencari informasi sebanyak mungkin untuk kepentingan kerja, belajar sana sini hal yang sekiranya akan menambah bekalku bekerja, sama sekali bukan untuk hasil akhir penilaian ini. Ya sebagai manusia dan pegawai yang nasibnya tergantung pada gaji, ada pikiran untuk itu, but not as  much as they have been thinking.

Sekiranya ada orang lain bahkan banyak yang lebih baik dari aku, memperoleh nilai lebih tinggi, mendapatkan apresiasi lebih banyak, aku tak masalah. Artinya tak hanya aku yang memiliki jiwa berkompetisi di institusi ini, bukannya toh itu juga menguntungkan perusahaan kalau banyak pegawainya yang cerdas?

Sayangnya masih saja ada yang meracuni pikirannya dengan persepsi, prasangka dan penialaian terhadap orang lain atas apa yang mereka peroleh, anehnya lagi, mereka mencurigai kalau-kalau orang lain berprasangka buruk dan melekatkan pandangan-pandangan negatif atas prestasi yang mereka raih. Hello…the world will not stop turning just because this result!

Sangat banyak faktor yang mempengaruhi hasil yang kita peroleh. Mau tidak mau kita harus mau menyadari dan menyelami lebih dalam makna dari pemberian penialaian ini. Mungkin kali ini penilaian dinilai dari salah satu faktor pencapaian atas prestasi X, ya jika kita tahu nyatanya kita tidak berhasil dalam pekerjaan X, ya nda papa tho…yang jelas kita tetap berusaha, mungkin bidang kita tidak di sana, tapi kali ini mereka berhasil menjadi yang terbaik di sana dan memperoleh skor  akhir yang lebih tinggi. Siapa tahu, kita bisa mencari tahu, di bidang apa mereka sekiranya tidak begitu baik, kita bisa menunjukkan kalau kita bisa memiliki prestasi yang tak kalah gemilang dengan mereka.

Hahaa…terkadang memang menggelikan juga, dunia penuh konspirasi, politik, prasangka. Tak kenal kawan tak kenal rekan, jika sudah masalah RAPORT, semua berada pada ketidakstabilan emosi untuk menerima segala kemungkinan yang terjadi.

Terkadang seseorang memiliki pikiran yang sangat bagus, tetapi kenapa ya mereka mereka bisa merusaknya?🙂

Belajar berserah, mengikhlaskan, tulus, karena ada kutipan yang mengatakan “rahasia keberhasilan adalah keikhlasan” ~Jean Giroudoux – novelis Prancis~

silakan berbagi sudut pandang

Information

This entry was posted on March 22, 2011 by in Analogi Aku Yang Lain, BNI 46.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Analogi Kliks

  • 33,062 Analogiers
