an~alogiku

Menghidupi mimpi-mimpi dan membaginya untuk kebaikan…

menilai sekitar

pasti kita pernah menilai seseorang, bahkan mungkin setiap saat bertemu seseorang kita melekatkan penilaian kita pada orang tersebut. terkadang malah sebelum bertemu dengan orang itu saja kita sudah membuat pendapat dan penilaian terhadap seseorang.

terkadang penilaian kita terlalu berlebihan. menyimpulkan sesuatu hanya dari sudut pandang kita semata. tidak mau menerima pendapat orang lain dan beranggapan yang mereka ungkap dan perbuat tidak baik untuk kita. padahal, kita belum mencobanya sama sekali.

persepsi, keyakinan dan pendapat kita boleh saja berbeda. ketika hadir sebuah perbedaan dari cara pandang kita, diperlukan kesiapan hati dan pikiran untuk dapat menerimanya. perilaku yang berlainan, cara yang berbeda, ungkapan kata yang tak sama, memang sewajarnya ada karena merupakan warna dari dunia.

penilaian yang kita asosiasikan pada seseorang sebaiknya jangan sampai membuat kita menghakimi kehadiran seseorang. bersadar diri bahwa setiap orang memiliki keunikan sendiri yang sewajarnya pula kita toleransi keberadaannya. sekali waktu kita melekatkan penilaian positif, namun tak jarang hanya karena perilaku yang sedikit berubah dan kita anggap tidak menyenangkan bagi kita, akan membuat kita memberi tanda minus pada orang tersebut.

hal itu bisa saja kita lakukan, asalkan tidak serta merta membuat kesimpulan bahwa orang tersebut tak baik. ada kalanya seseorang memang berlaku di luar hal yang kita harapkan, di sinilah diperlukan pengertian satu sama lainnya agar kita tetap secara rasional dapat menangkap arti dari perilakunya tersebut. kita perlu membekali diri dengan pengetahuan, informasi, pengalaman sehingga kita dapat menjadi seseorang yang lebih bijaksana menyikapi kejadian dalam kehidupan kita.

mari belajar menempatkan diri pada sudut pandang orang lain, melihat lebih dalam di balik sebuah perilaku, mendengarkan lebih cermat pada setiap suara yang mungkin menyimpan makna-makna penting, dan bersiaplah untuk menjadi lebih baik. lebih dewasa menyikapi kejadian di sekitar kita, menerima keberadaan orang lain dan pengaruh-pengaruh dalam lingkungan, menempatkan diri menjadi diri sendiri yang berperan baik bagi orang lain dan baik bagi diri kita sendiri.

silakan berbagi sudut pandang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 15, 2011 by in Warna-Warni Analogi.
Follow an~alogiku on WordPress.com

Kalender

March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Analogi Kliks

  • 33,156 Analogiers
%d bloggers like this: